Tuesday 12 July 2011

Menyongsong Deklarasi Ketahanan Pangan

Menyongsong Deklarasi Ketahanan Pangan
Ubay KPI/Borneo Tribune
Sebulan penuh sejak 8 Juni lalu hingga 10 Juli 2011, Badan Karantina Pertanian Kelas I Pontianak Kementerian Pertanian melaksanakan serangkaian kegiatan dalam tajuk bulan bakti pertanian ke-143.
Semangat menyongsong sekaligus mendeklarasikan untuk ketahanan pangan di Kalimantan Barat. Acara yang ditutup dengan pembagian doorprize dan jalan santai bersama di halaman komplek TVRI Kalimantan Barat Minggu lalu, berlangsung dengan semangat kebersamaan antusias warga Kota Pontianak.
Dalam bulan bakti pertanian ini juga, Badan Karantina Pertanian Kelas I Pontianak Kementerian Pertanian, banyak melakukan kegiatan sosial lainnya, berkaitan dengan pertanian. Baik melalui bakti sosial, pengobatan dan konsultasi hewan kesayangan, penanaman pohon, serta beberapa kali seminar tentang pertanian.
Penanaman pohon dalam kegiatan ini dilakukan di tiga daerah sebanyak 12.000 pohon yang disebar di Sambas, Ketapang, dan Singkawang. Sedangkan seminar yang dilaksanakan awal Juli lalu menghadirkan dari banyak pakar, mulai dari Kementerian Pertanian, anggota DPR, dan dari perguruan tinggi.
Kepala Badan Karantina Pertanian Kelas I Pontianak Kementerian Pertanian, Azmal Az mengatakan karantina bukan hanya meliputi pertanian saja, hewan-hewan juga ikut dipantau bagaimana kesehatannya. Untuk tetap menjaga Kalimantan Barat dari virus-virus tanaman serta hewan.
Dengan bulan bakti pertanian, Azmal Az menambahkan, sekaligus untuk mengenalkan kepada masyarakat tugas pokok badan karantina dan memberikan solusi kepada masyarakat bagaimana mencegah penyakit masuk dan tersebar.
Di acara pamungkas bulan bakti pertanian Minggu lalu, Kepala Badan Karantina Pertanian Kelas I Pontianak Kementerian Pertanian juga menguji pemahaman masyarakat tentang pertanian, melalui kuisioner. Kuisioner dibarengi dengan pembagian doorprize.
“Pertanyaan untuk mendapatkan doorprize pasti tentang pertanian, artinya sejauh mana pengetahuan masyarakat tentang hal ini,” Azmal Az.

No comments:

Post a Comment