Tuesday 19 July 2011

Donor Darah Prajurit Lebihi Target

Donor Darah Prajurit Lebihi Target
Oleh Ubay KPI (Jurnalis Borneo Tribune)
Salah satu bakti sosial, donor darah yang dilakukan Kodam XII Tanjungpura dalam rangka hari ulang tahunnya yang pertama dipusatkan di Kesdam Tanjungpura Jalan Adisucipto Pontianak, Sabtu (16/7) sejak pagi kemarin. Hasilnya donor darah yang dilakukan prajurit melebihi target dari ketetapan semula.
Donor darah ditargetkan dapat menyumbang darah kepada PMI Kota Pontianak sebanyak 150 kantong. Ketua Panitia Pelaksana, Letkol Infanteri, Asep Joko dengan hasil tersebut menyatakan sangat bersyukur karena bisa menyumbang lebih dari perkiraan.
“Kita bersyukur, dengan lebih banyak hasil yang diperoleh, lebih banyak juga manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan. Lebih dari 200 kantong darah kita dapat dalam donor darah tadi (kemarin),” ujarnya.
Rata-rata menurut Asep Joko, prajurit melakukan tes untuk menyumbangkan darah, hanya saja ada yang bisa mendonorkan darahnya, namun ada juga yang tidak bisa.
Begitu juga dengan sunatan massal kemarin, lebih dari 150 anak mengikuti sunatan massal. Hasil tersebut sudah sangat baik. Setidaknya menurut Asep Joko mampu meringankan orang tua untuk mengkhitan anaknya karena biaya sunatan yang sangat tinggi.
Tiga rangkaian bakti sosial termasuk tes kesehatan kemarin banyak juga diikuti oleh masyarakat. “Sasaran kita memang memberi pelayanan kepada masyarakat, bukan hanya untuk kalangan prajurit. Sebab Kodam bukan hanya milik prajurit, namun milik masyarakat. Mensukseskan segala program Kodam tidak lepas dari partisipasi masyarakat,” ujarnya.
Bukan hanya sebatas bakti sosial. Sebagai abdi negara dan bangsa, jajaran Kodam XII Tanjungpura kemarin juga melakukan penghormatan kepada leluhur atau abdi negara yang telah dulu berpulang. Penghormatan kemarin dilaksanakan dengan mengunjungi Taman Makam Pahlawan di Jalan Adi Sucipto dipimpin langsung oleh Pangdam XII Tanjungpura.
Tabor bunga dan heningan cipta dilaksanakan di tempat terakhir pahlawan bangsa yang telah banyak memberikan sumbangsih untuk negeri, khususnya Kalimantan Barat. “Suatu penghormatan kami kepada mereka, yang telah banyak mengorbankan banyak hal untuk daerah ini. Kami ingin melanjutkan apa yang menjadi cita-cita mereka semua,” tambah Asep Joko.
Dari rangkaian acara HUT Kodam XII Tanjungpura menyisakan dua kegiatan. Pagi ini, akan melaksanakan peringatan Isra Miraj di Makodam baru akan menghadirkan Ustadz Dahsyat. Pada malam hari nanti akan dilaksanakan syukuran yang juga akan dilaksanakan di Makodam baru sekaligus hiburan yang akan menampilkan beberapa artis ibukota.

Ikut Donor

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Geerhan Lantara sebagai Ketua rombongan, Sabtu (16/7) melaksanakan kegiatan ziarah ke komplek Pemakaman Pahlawan Patria Jaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kodam XII Tanjungpura yang pertama pasca likuidasi.
Selain Pangdam, pelaksanaan ziarah ini dihadiri oleh Kasdam XII Tanjungpura Brigjen TNI Armyn Angkasa Alianyang, para Perwira Ahli, Para Asisten, Kabalak Jajaran Kodam XII Tanjungpura, serta seluruh anggota dan PNS jajaran Kodam XII/Tanjungpura, Persit Karika Chandra Kirana  PD XII/Tpr.
Pelaksanaan upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini berjalan dengan khidmat, dan diawali dengan pemberian penghormatan kepada arwah para pahlawan, dan disertai dengan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di atas pusara para pahlawan oleh Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Geerhan Lantara didampingi Kasdam XII Tanjungpura Brigjen TNI Armyn Angkasa Alianyang, para perwira, seluruh anggota dan Persit Kartika Chandra Kirana PD XII Tanjungpura.
 “Ini kegiatan HUT Kodam XII Tanjungpura ke-1 pasca likuidasi,” kata Kepala Kesdam XII Tanjungpura, Kolonel Ckm dr Julie Kunwijayanto, saat ditemui di Rumkit.
Disamping memberikan pelayanan pengobatan massal dan sunatan massal, Kodam XII Tanjungpura juga memberikan pelayanan Kesehatan KB gratis.
“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Kodam XII Tanjungpura kepada masyarakat,” ujarnya.
Dalam aksi donor darah ini, Pangdam juga turut serta menyumbangkan sekantong darah O-nya untuk masyarakat yang membutuhkannya.
Kedatangan Pangdam saat menjalani tensi darah terlihat banyak guyon dengan nada semangat untuk memberikan support kepada prajuritnya dalam mendonorkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan.




No comments:

Post a Comment