Sunday 3 July 2011

"PU Ikut Melaksanakan Saja"

"PU Ikut Melaksanakan Saja" 
Ubay KPI
Kota Pontianak terus melakukan program penghijauan, untuk mengurangi polusi udara serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Beberapa ruas jalan sudah tampak banyak penghijauan. Namun untuk lokasi penghijauan yang bisa dijadikan tempat hiburan bagi masyarakat kota Pontianak sangatlah minim. Hanya ada beberapa lokasi yang bisa dinikmati saat ini.
Lokasi penghijauan yang bisa menjadi rekreasi bagi masyarakat yang dimiliki Kota Pontianak seperti taman Untan, Alun-alun Kapuas, dan lokasi SSA. Tiga tempat itu sangatlah tidak memadai dengan kebutuhan masyarakat. Dari itu, meski bukan merupakan program kerjanya, Dinas Pekerjaan Umum Kota Pontianak ikut andil dalam memberikan kenyamanan bagi masyarakat.
Dalam berbagai kegiatan proyek, Dinas PU Kota Pontianak kerapkali turut melakukan penghijauan dengan menanam pohon di berem-berem jalan. “Sebenarnya untuk lokasi hiburan alam itu bukan program kerja PU, namun ada dinas khusus, namun kita ikut melaksanakan saja,” ungkap Kepala Dinas PU Kota Pontianak, Eddy Kamtono.
Beberapa lokasi taman penghijauan yang direncanakan pengerjaannya oleh Dinas PU Kota Pontianak seperti di depan kantor KNPI Kalbar, Kota Baru, yang bekerjasama dengan Kementerian Agama Kalbar. Dan di Pontianak Utara juga direncanakan akan dibangun rekreasi taman hijau tepatnya berdekatan dengan pasar Puring Siantan. Dan depan Politeknik Negeri Pontianak sudah jadi tinggal perawatan.
Dalam mewujudkan kota yang hijau dan udara bersih, Eddy Kamtono juga mengajak masyarakat Kota Pontianak tutur serta menjaga setiap penghijauan yang telah ditanam di beberapa berem jalan.
Selama ini, ada beberapa tanaman penghijauan yang hampir mati bahkan tidak terjaga dengan baik pertumbuhannya, seperti di sekitar Jalan Pahlawan, Jalan Gajah Mada, dan beberapa lokasi lainnya.
Banyak ditemukan tanaman hijau yang telah ditanam mati lantaran kurangnya kebersamaan mewujudkan kota yang hijau.
“Jangan sampai menebang pohon yang telah ada,” ujarnya.
Dijelaskan pula oleh Eddy, Kota Pontianak memang sangat minim lokasi untuk dibentuk taman. Hal itu termasuk yang menjadi kendala untuk melakukan pembangunan ruang terbuka hijau. PU Kota Pontianak terus mendorong untuk penghijauan dengan melakukan penanaman pohon di badan jalan.


Lokasi Taman Penghijauan
1. Di depan kantor KNPI Kalbar, Kota Baru (bekerjasama Kementerian Agama Kalbar/rencana).
2. Dekat pasar Puring Siantan (rencana).
3. Depan Politeknik Negeri Pontianak (perawatan).



No comments:

Post a Comment