Tuesday 14 June 2011

Menyongsong Prestasi Tingkat Nasional

Juara Umum
Aleksius Akim saat menyerahkan tropi juara umum kepada official kontingan Kota Pontianak pada acara penutupan O2SN tahun 2011 di Aula SDN 34 Pontianak, Minggu (12/6) malam. FOTO: Ubay KPI
Menyongsong Prestasi Tingkat Nasional
Oleh Ubay KPI

Setelah kelar dengan semua cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Kalimantan Barat, 11-12 Juni lalu, Dinas Pendidikan Kalimantan Barat telah menemukan siswa-siswa berprestasi di bidang olahraga yang selanjutnya akan memperjuangkan keharuman nama Kalimantan Barat di O2SN tingkat nasional bulan depan.
Dari sepuluh cabang olahraga di tingkat SMP dan lima cabang olahraga di tingkat SMA, Kalbar telah memiliki tim setelah keputusan juara diumumkan Minggu malam lalu di SDN 34 Pontianak. Selanjutnya, siswa-siswa tersebut akan dikarantina untuk lebih mematangkan persiapan berlaga di O2SN tingkat nasional di Surabaya, awal Juli mendatang.
Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Barat Aleksius Akim, saat dihubungi usai penutupan Senin malam lalu mengatakan dari hasil pembinaan sekaligus mencari siswa terbaik di masing-masing cabang olahraga, siswa akan dikarantina sekitar seminggu sebelum keberangkatan ke Surabaya. Dari penyaringan pemain berprestasi tersebut, Akim mengharapkan Kalbar bisa mengusung prestasi di tingkat nasional lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Mereka yang juara merupakan yang terbaik, siapa pun mereka yang menjadi mereka akan menjadi wakil Kalbar. Dan dari mereka ada yang merupakan anak yang berasal dari daerah, bahkan pelosok desa. Namun prestasi mereka tidak kalah dengan anak kota,” ujarnya.
Mengenai juara umum yang diperoleh oleh Kota Pontianak, baik SMP dan SMA, serta Kubu Raya di peringkat kedua, Aleksius Akim menyampaikan daerah lain yang masih belum berprestasi sebaik keduanya harus menjadikan sebagai motivasi untuk kemajuan olahraga daerah sebagai sumbangsih terhadap provinsi. “Peta kekuatan memang masih ada di dua daerah tersebut, akan tetapi bukan berarti daerah lain bukan minim, semua daerah punya potensi yang sama tinggal bagaimana pemolesan dalam pembinaan saja,” ungkapnya lagi.
Perolehan medali lima besar pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tahun 2011 di Kalimantan Barat kemarin untuk tingkat SMP peringkat pertama Kota Pontianak, kedua Kubu Raya, ketiga Kapuas Hulu, keempat Sintang, dan kelima Kabupaten Pontianak. Sedangkan untuk tingkat SMA, pertam dan kedua Kota Pontianak dan Kubu Raya, ketiga Sintang, keempat Landak, dan kelima Sambas. (PK)


Table 5 Besar Perolehan Medali O2SN Tahun 2011 Provinsi Kalimantan Barat

Tingkat SMP        Emas        Perak        Perunggu

Kota Pontianak        8             11               3
Kubu Raya              6              4                3
Kapuas Hulu           4       
Sintang                    2              4                3
Mempawah             1              3                3

Tingkat SMA        Emas        perak        Perunggu

Kota Pontianak        7              2                 2
Kubu Raya               3              2                 2
Sintang                     2              2                  1
Landak                     2              1
Sambas                    1              4                  2

No comments:

Post a Comment