Monday 13 June 2011

PU Tetap Juara

PU Tetap Juara
Oleh Ubay KPI

Tua-tua keladi, semakin tua semakin jadi. Begitulah tim futsal Dinas PU Kalbar. Meski usianya telah banyak yang lanjut dan menghadapi lawan yang jauh lebih berstamina energik namun tradisi juara tetap tak berubah dan menjadi milik Dinas PU pada turnamen futsal HUT Pemprov Kalbar ke-54 yang berakhir siang kemarin.
Partai final yang disaksikan langsung Kadispora Kalbar, Utin Kusumawaty dan Kapolresta Kota Pontianak pada siang kemarin serta puluhan pendukung tim Polresta Pontianak yang menjadi lawan baru bagi Dinas PU.
Sejak babak pertama dimulai lapangan Vigor langsung riuh dengan gemuruh penonton, bukan hanya supporter Polresta yang mendominasi banyaknya penonton, namun pendukung Dinas PU yang hanya 1/3 pendukung Polresta juga ikut sorak sorai memberikan semangat.
Sejak kick off babak pertama dimulai, kedua tim langsung bermain dalam irama tinggi, tanpa harus melakukan pemanasan atau membaca permainan lawan. Kedua tim seperti telah mengetahui sisi kelemahan dan kekuatan masing-masing. Tak sampai lima menit babak pertama, Polresta Pontianak membuka keunggulan. Namun keunggulan 1-0 Polresta hanya bertahan sesaat. Pada menit 11 pemain Dinas PU membalas sehingga skor imbang 1-1.
Tak lama berselang dari gol balasan Dinas PU, kembali Polresta membobol gawang Dinas PU yang dijaga oleh Ikhsan. Keunggulan Polresta semakin memancing semangat supporternya sehingga sorak derai gemuruh suara semakin menggema. Akan tetapi, di ujung babak pertama, tim PU menyamakan kedudukan dan mengakhiri babak pertama dengan skor 2-2.
Memasuki turun minum, lima menit pertandingan babak kedua dimulai, nyaris terjadi percekcokan antara pemain PU dan Polresta, berawal dari tecling yang dilakukan Adi Thamrin pemain PU terhadap pemain Polresta yang mengakibatkan pemain Polresta terjatuh. Hantaman badan dilakukan pemain Polresta kepada Adi Thamrin, namun Adi Thamrin tanpa reaksi balasan yang kemudian dilerai oleh pemain dan wasit.
Pertandingan kemudian dilanjutkan, sampai dengan delapan menit pertandingan babak kedua, kedua tim masih belum menciptakan gol satu pun dan skor tetap 2-2. Baru di menit 11 babak kedua tim Polresta mampu membobol gawang Dinas PU dan memperdayai kepiawaian Ikhsan. Polresta unggul 3-2.
Dua menit berselang, kembali Polresta membobol dan memperbesar keunggulan menjadi 4-2, dan di menit 15, Polresta kembali menggetarkan jala gawang Ikhsan untuk kelima kalinya. Ketertinggalan PU dengan skor 5-2 tak membuat pemain PU memble, irama permainan semakin diatur dan dengan permainan yang teratur serta konsentrasi di lini depan dan belakang, dalam waktu empat menit, PU mampu menyamakan kedudukan menjadi 5-5. Salah satu gol PU diciptakan oleh Ikhsan melalui tendangan bebas dari tengah lapangan.
Sampai dengan peluit penjang babak kedua dibunyikan, skor 5-5 tak berubah sehingga memaksa untuk melakukan penambahan waktu 2x5 menit. Dalam waktu tambahan, kedua tim sama-sama nihil, tak satu pun gol tercipta. Sehingga harus diputuskan dengan adu pinalti.
Dalam drama adu pinalti, dua tendangan  pemain Polresta dapat diantisipasi oleh Ikhsan, sebaliknya, tendangan pemain PU hanya satu yang melebar keluar gawang, selebihnya gol. Adu pinalti berakhir dengan skor 4-2.

No comments:

Post a Comment