Monday 13 June 2011

Porti dan PSAD Bentrok di Semifinal

Porti dan PSAD Bentrok di Semifinal
Oleh Ubay KPI
Kesebelasan Porti dan PSAD akan bentrok di babak semifinal turnamen sepak bola AJS-EK tahun 2011.
Keduanya menggenggam tiket ke semifinal setelah di pertandingan delapan besar di padang ball Keboen Sajoek Pontianak, Selasa (8/3) kemarin sukses menundukkan lawan-lawannya. Porti menundukkan Pontura dengan skor 3-0 dan PSAD menang 3-2 melalui adu pinalti melawan Eka Setia Ketapang.
Partai pertama antara Porti dan Pontura yang akhirnya dimenangkan Porti kemarin berjalan cukup seru. Serangan demi serangan diperlihatkan oleh kedua tim. Kerap kali kedua tim sama-sama mengancam gawang dan nyaris menciptakan gol. Dari beberapa peluang kedua tim yang ada, sepanjang babak pertama hanya satu gol tercipta. Tepatnya di menit 36, Herlis pemain depan Porti memanfaatkan bola matang hasil kerjasama tim dan memaksa penjaga gawang Pontura, Sabirin memungut bola dari gawangnya untuk pertama kali.
Keunggulan Porti di babak pertama tak lepas dari peran penjaga gawangnya, Daeng Lukman, kipper Persipon divisi I tahun 2010. Daeng Lukman tercatat empat kali sepanjang babak pertama mematikan tendangan keras pemain Pontura, Sunardi dkk.
Tertinggal 1-0 di babak pertama, Pontura memasukkan penjaga gawang intinya, Arif yang datang telat karena masih kuliah. Kehadiran Arif, Pontura juga tak mampu menciptakan gol. Bahkan, Porti semakin di atas angin. Porti menambah pundi golnya. Sampai dengan babak kedua berakhir. Porti unggul 3-0. Dua gol tambahan Porti diciptakan Relly di menit 66 dan Sulaiman di menit 72.
Pada partai kedua, antara Eka Setia Vs PSAD berlangsung seru. Kedua tim yang sama-sama ngotot menciptakan gol tak tercapai. Hingga paruh pertama selesai, skor tetap 0-0.
Memasuki paruh kedua, Eka Setia Ketapang nyaris unggul lebih dulu di menit 48. Hanya saja peluang emas tersebut tak dimanfaatkan dengan sempurna oleh Dedi, pemain depan Eka Setia.
Satu-satunya peluang emas sepanjang babak kedua yang diperoleh Eka Setia tersebut berawal dari tendangan keras yang dilepas oleh pemain sayap kanan Eka Setia mengarah ke gawang Rohmat, penjaga gawang PSAD. Bola keras tersebut tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Rohmat dan akhirnya muntah ke depan gawang sekitar 2 meter. Bola mantul tersebut kemudian diserobot oleh Dedi, hanya saja, sontekan Dedi kurang sempurna dan melambung tinggi menyentuh mistar gawang PSAD padahal posisinya sangat bebas.
Setelah peluang Dedi tak ada lagi bola yang membahayakan gawang PSAD. Malah sebaliknya, PSAD yang membalikkan keadaan. Dua peluang diraih PSAD, pertama tendangan keras Tulus dari sisi kiri gawang Eka Setia masih dapat dibuang keluar oleh pemain belakang Eka Setia, kedua peluang Joni mendapatkan crossing dari sisi kiri masih melebar tipis di gawang Eka Setia. Hingga babak kedua berakhir skor tetap imbang 0-0 dan dilanjutkan dengan adu pinalti.
Drama adu pinalti penuh ketegangan, penendang pertama kedua tim sama-sama tak membuahkan hasil. Penendang Eka Setia yang lebih dulu, Khairuman tendangannya melambung tinggi, begitu juga penendang PSAD, Sostro Tatuhas. Penendang kedua dari Eka Setia Khairani sukses membuka angka, begitu juga PSAD, Heri berhasil mengecoh kipper PSAD. Skor imbang 1-1.
Penendang ketiga Eka Setia, Zuandar gagal, tendangannya mampu dibaca oleh Rohmat. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh eksekutor PSAD, Jufri Arif dan membawa PSAD unggul sementara 2-1. Penendang keempat Eka Setia, Heri berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Namun kembali PSAD mengungguli dengan 3-2 melalui eksekutor keempat PSAD, Suharno. Satu-satunya peluang menyamakan kedudukan bagi Eka Setia penendang kelima dengan catatan penendang kelima PSAD gagal menciptakan gol. Didik, eksekutor kelima Eka Setia ternyata gagal menciptakan gol setelah tendangannya melambung tinggi. Dengan otomatis PSAD unggul 3-2. Joni Afriadi sebagai eksekutor terakhir PSAD tak perlu melakukan sepakan pinalti.
Babak delapan besar turnamen AJS-EK hari ini akan mempertandingkan antara Indonesia Muda Vs Metra 83 di partai pertama, dan PSPI Vs Jumbo di partai kedua. Pemenang kedua partai ini akan bertemu di babak semifinal.

No comments:

Post a Comment