Monday 13 June 2011

Persebaya Incar Tiga Angka

Persebaya Incar Tiga Angka
Melakoni pertandingan perdana Liga Primer Indonesia (LPI) di Gelora 10 November Tambaksari, Persebaya Surabaya tak mau setengah-setengah. Kendati tak bertanding di kompetisi terlalu lama, Persebaya tetap mengincar tiga angka.
Ya, selama berbulan-bulan tim asuhan Aji Santoso hanya berlatih tanpa ada pertandingan resmi. Itu menjadi salah satu kendala karena pemain harus kembali beradaptasi dengan suasana liga yang terlalu lama tak dirasakan. Aji Santoso pun menyiapkan trik khusus menghadapi hal itu.
Yakni tidak memberi beban berlebih menjelang pertandingan dan meminta pemain tampil senyaman mungkin di lapangan. Beruntung sang pelatih punya banyak nama lawas yang sudah tidak asing bertanding di Gelora 10 November. Itu paling tidak bisa mengurangi kemungkinan demam panggung.
Walau begitu pelatih asal Malang ini tak memendam kekhawatiran berlebih. Kekhawatiran soal demam panggung agak bisa tertutupi oleh jam terbang skuadnya yang rata-rata sudah tinggi. Catat saja nama-nama seperti Erol FX Iba, Johan Ibo, Mat Halil, John Tarkpor, Andik Vermansyah hingga Taufik, yang telah banyak makan asam-garam kompetisi level tinggi Indonesia.
Kendati kekuatan Bajul Ijo masih tergolong cekak, minimal pengalaman mereka menjadi salah satu sinyal berkibarnya Persebaya di LPI. Kemenangan di laga perdana juga disebut mempunyai arti penting bagi tuan rumah, selain menjaga gengsi sebagai tim yang sarat tradisi.
Erol FX Iba, salah satu pilar senior Persebaya, menyebut timnya mempunyai potensi besar untuk meraup angka absolut. Selain status tuan rumah, persiapan yang sudah lama dan matang menjadikan Persebaya lebih siap dibanding tim IPL yang rata-rata masih baru.
"Kita punya kualitas dan peluang yang lebih besar untuk memenangkan pertandingan. Tapi pemain tidak boleh terlalu percaya diri karena saya lihat di tim Bandung FC juga ada pemain berpengalaman," tutur mantan pemain Persipura, Arema dan PSPS Pekanbaru ini.
Erol benar. Kendati masih tergolong anyar, tim Bandung FC mempunyai pemain senior macam Nuralim maupun Kurnia Sandi. Pelatih Bandung FC Nandar Iskandar juga bakal menjadikan mereka sebagai pilar utama menghadapi Persebaya, terutama guna mendukung moral bertanding pemain yang lebih muda.
Malah, Nandar berani menargetkan timnya mendapatkan angka sempurna. Dari komposisi tim tuan rumah, mantan pelatih Persib Bandung ini mengakui belum banyak mengenal pasukan milik Aji Santoso. Tapi Nandar berpegang pada karakter strategi khas Aji Santoso yang sudah dihafalnya.
Soal teknis, Bandung FC tak bisa diperkuat tiga pemain yang cedera, yakni Asep Mulyana dan Rudiansyah (gelandang), serta Beni Kun Kun (striker). Kendati demikian, optimisme Nandar untuk menaklukkan pemilik kandang tetap tak berkurang. (okezone)

No comments:

Post a Comment