Friday 24 June 2011

SMAN 10 Menuju Sekolah Maju

SMAN 10 Menuju Sekolah Maju 
Oleh Ubay KPI
Sekolah dini namun penuh inisiatif, inovasi, motivasi, dan kreatifitas. Begitulah yang ditunjukkan oleh SMAN 10 Pontianak yang belum genap satu tahun ini. Berbagai kegiatan tekun, dilaksanakan oleh siswa mulai dari sosial hingga kepentingan untuk kemajuan sekolah.
Prestasinya juga tidak tanggung-tanggung, hingga belum berakhir tahun ajaran 2010/2011, telah banyak prestasi yang ditorehkan, baik olahraga, seni, kreatifitas dan ilmiah. Dari mereka sama-sama ingin menunjukkan sekolah baru juga bisa berkompetensi dalam prestasi. Beberapa prestasi yang ditorehkan bukan hanya di tingkat Kota Pontianak namun juga tingkat Kalimantan Barat, seperti lomba futsal, seni baca Alquran, English debat, mading, musik, menyanyi solo, festival putih abu-abu, rap, dance bintang pelajar, modern dance Dari beberapa siswa SMAN 10 Pontianak juga sudah ada yang mewakili Kalimantan Barat pada ajang O2SN tingkat nasional. 
Sekolah yang memiliki visi menjadi sekolah nasional bertaraf internasional serta memiliki misi mendesain, mengelola dan mengembangkan program layanan pendidikan (kurikulum dan system pembelajaran) yang berorientasi pada pengembangan dan penjaminan mutu, dan terproyeksi untuk menerapkan SMM ISO 9001:2000. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai tupoksinya dan bidang penguasaan ICT (Informatika Computer Technology) melalui pembinaan dan pelatihan terprogram. Mengkondisikan pembinaan siswa melalui kegiatan pengembangan diri dan konseling yang efektif untuk menggali dan mengembangkan potensi diri, minat dan bakatnya. Melengkapi dan meningkatkan standar sarana dan prasarana sekolah serta menerapkan teknologi tepat guna bagi optimalisasi proses layanan pendidikan yang meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Mengkondisikan situasi lingkungan internal dan eksternal sekolah menjadi kondusif bagi terciptanya proses pembelajaran yang efisien dan efektif. Mencari, membina dan mengembangkan jalinan komunikasi, kerjasama dan kemitraan dengan lembaga-lembaga lain yang terkait dan berpotensi untuk mendukung bagi kemajuan sekolah ini juga tidak kalah menyambut akhir tahun ajaran, kreasi siswa yang didukung oleh sekolah dan guru melaksanakan SMAN 10 Expo yang puncak kegiatannya pada tanggal 22-23 Juni besok.
Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan bermacam lomba dan pertandingan untuk tingkat SMP dan SMA se-Kota Pontianak dan sekitarnya. Penanggungjawab SMAN 10 Pontianak, Deden Dikmat Chaidir saat ditemui di ruang kerjanya siang kemarin menjelaskan sekolah tetap mengakomodasi segala bentuk kegiatan siswa selama hal itu itu positif. Sekolah serta guru tetap akan memotivasi juga mengakomodir kegiatan yang dilakukan. “Satu persatu kita akan memberikan fasilitas kepada siswa untuk mengkreasikan bakat yang ada dalam jiwa siswa, termasuk Expo tahun ini selalu kita dorong,” ujarnya.
Student Expo akan tetap dilakukan setiap tahun, suatu kebangaan bagi sekolah memiliki anak yang berani melakukan tindakan padahal mereka baru saja lulus SMP. Pengembangan diri anak akan menjadi perhatikan sekolah guna menumbuhkembangkan kreatifitas yang ada. “Anak-anak sudah membuktikan, kami sangat bangga,” ujar Deden.

No comments:

Post a Comment